Langsung ke konten utama

Rumah Sakit dan ICU

oke...
korelasi antara rumah sakit dan ICU adalah cemas !!!

iya...setiap dengar dua kata "Rumah Sakit" dan saya mulai cemas. selanjutnya kata "ICU"...dan hal yang akan terjadi adalah berkeringat, cemas, dag dig dug, dan menangis TT.TT
jujur aja neh...trauma berat ma ICU. tanya kenapa ?? *iklan*

sejak ayah sakit dan dirawat selama 20 hari di rumah sakit serta kalkulasi didalam ICU adalah 15 hari, maka saya trauma. terima kasih...

setiap hari duduk, makan, mandi, sholat dan tidur di area ruang ICU adalah jadi rutinitas selama 20 hari. tanpa tanda pengenal atau kartu penunggu rumah sakit...hampir semua perawat dan petugas keamanan bahkan cleaning service udah kenal muka jelek ini *pujian saja*
gimana yah ?? tiap nongkrong depan pintu isinya cuman deg deg deg mulu. tiap hari ada aja yang meninggal.hedeh...

untung waktu itu aku ditemenin ma calon kakak ipar *skg udah ipar*
ikut2an satpam ma perawat gitu...jagain d ICU udah rolling shift aja. kasian kakak perempuanku masih harus kerja dan antar ibu pulang-pergi rumah sakit. waktu itu apa yang ada dibenak mereka yah ??? *masih mikir*
sampe akhirnya ayahku harus masuk ICU sekali lagi karena udah gag kuat. padahal sorenya baru selesai cuci darah...

pagi2 masih sadar dan minta  disuapin. waktu itu jam 6 pagi dan seorang perawat membuka pintu "mbak Yuliana...mbak..."
aku menjawab "iya sus...ada apa yah?"
suster "itu bapak minta disuapin ma putrinya."
dalam hati...ada apa ini??? kenapa begini??? apakah ini akhirnya???
ayah "dek minta makan"
aku "iya yah...ni makan yang banyak ya ?? trus minum obat juga"
setengah berlalu tanpa terasa dan kemudian aku diusir ma suster ICU TT.TT
baru aku sadar itu saat terakhir aku ngobrol dengan ayahku *makin sedih*

jam 10 pagi...suster membuka pintu lagi dan benar..."mbak ayo masuk...dokter mau bicara"
aku langsung berjalan dengan gontai dan harapanku makin menipis. begitu masuk...aku melihat tubuh lemah itu mulai dipompa...sejumlah dokter berusaha menekan dada ayahku. sudah tidak fokus...seorang dokter menjelaskan padaku keadaan ayahku saat itu...kata KOMA !!!

aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan juga katakan. terdiam dan menangis. berharap pada Tuhan meminta sebuah keajaiban untuk ayahku...
jam demi jam berlalu tanpa terasa hingga aku lelah berada disamping ayahku. aku masih melihat mata ayah mengeluarkan airmata dan memegang tanganku. hangat tapi kosong...
membaca do'a untuk ayahku bahkan hingga sholat aku berada disampingnya. melihat alat besar untuk memompa dan memantau kondisi beliau...bisingnya alat membuatku merinding juga sedih...kenapa ??? kenapa ayah harus mengalami ini semua ???

entah jam berapa aku keluar dan bergantian dengan kakak2ku menunggu ayah.sampe keesokan harinya...tgl 22 oktober 2008 beliau meninggal...meninggalkan ibuku, kakak2ku, kaku juga cucu serta orang tua juga sodara2nya...meninggalkan kami untuk selamanya.

aku tidak pernah mengira hal itu terjadi begitu cepat. airmataku tak kuasa keluar dan menangisi tubuhnya yang mulai dingin juga kaku. alat itu ingin aku lempar...jantungnya berhenti dan tidak ada tanda2 kehidupan lagi...

masih saja bermimpi dan bersedih...hingga aku melihat tubuh beliau berada sendirian dalam liang lahat tuk terakhir kalinya. sepi...dingin juga sedih. itu yang ada didalam pikiranku. ayahku akan sendirian disana...tapi ini garis hidup manusia. takdir TUHAN yang tidak bisa ditolak...
namun dibalik itu semua...aku juga bersyukur bahwa ayah sudah tidak menderita lagi ^^

ayah adek sayang ayah juga rindu ayah...

lalu setelah dua tahun berlalu...aku masih saja trauma. pikiran itu sulit hilang. hal ini seperti terulang kembali...
setelah seminggu kakak perempuanku melahirkan. niat hendak check up...ternyata dia harus dirawat didalam ICU karena sesak napas. sama seperti ayahku saat itu...hanya saja sakitnya lain...
aku sedih sekaligus bingung. bagaimana dengan bayi kecilnya yang baru berusia seminggu ??? apa yang harus aku lakukan bila hal terburuk itu terjadi ??? *buang pikiran jelek*
dan benar...aku tidak tahan dan menangis melihat kondisi kakakku. sama persis dengan ayah saat itu TT.TT
tapi aku bersyukur alhamdulillah...Tuhan memberikan sebuah keajaiban. kesembuhan kesehatan untuk kakakku...

dan hingga hari ini aku masih berusaha menghilangkan trauma dengan ICU...kalo rumah sakit masih baik2 aja. cuman lewat depan pintu ICU tuh...udah bikin panik. pengen lari sambil teriak2 *jelas gag mungkin*

moga Tuhan selalu memberikan keajaiban tuk yang sedang dirawat di ICU ^^

Komentar

  1. T_T Jadi terharu bacanya....
    Inget Om ku yang juga udah passed. Di ICU masi sempet2nya dadah2, minta dibawain HP. Eh, besoknya meninggal. T_TMiss him so so so so much!!!!

    BalasHapus
  2. iya cc pely TT.TT
    masi parno tiap deket2 ma ICU..
    moga mereka lebih bahagia dsana ^^

    BalasHapus
  3. Mba Lia,
    aku tau gimana rasanya ada keluarga kita yang di rawat di ICU karena hingga saat inipun Ayah saya masih disana dan 16 hari sudah beliau berbaring di ruangan itu.

    BalasHapus
  4. iya sista ...
    sedih sangat n bingung . tp itu kehendakNYa...saya juga musti terima dengan ikhlas

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih ^^

Postingan populer dari blog ini

Ngemil yuks neng Kuki Bakery

Sudah dua minggu ini, saya harus bolak balik dari Solo ke Jogja. Mbuh naik motor sen diri atau ker e ta. Cuacanya juga kurang mendukung buat keliling kota Jogja . Hujan deras gedhe pake banj ir dikit. Hehehe... Demi job fair , apapun akan saya tempuh.  Sudut lampu merah jalan Kaliurang Di suatu sore yang c ukup terik dan agak mendung, saya dan evie mampir ke toko Kuki Bak ery yang ber alamat di Jalan Kaliurang Km 4,9 Yog yakarta. Namanya lucu ya.. Kuki = cookies. Toko ini menjual beraneka macam kue dan pasta , seperti donat, red velvet, r ainbow cake, muffin, rumball, s pagheti, lasagna, dan lain-lain. Nah saya memilih donat buat ngemil sore.  Awalnya agak ragu bentuk donatnya yang kurang bera turan, setelah digigit... langsung nyesss... mak glek! Wuena akkk! Aku mau donatnya la gi donk mbak! Rasanya gak kalah loh sama donat terkena l yang di mall -mall itu. Varian donatnya memang masih sedikit, tapi beneran deh enak tenan.  Soal harga juga murah ... mulai dari Rp 1.

Cantengan part 1

kesana kemari mencari jawaban. oeoeoe!! haha... stres akibat cantengan menahun. oke mari kita bahas soal cantengan. dengan pengalaman cantengan lebih dari 5 tahun, saya ingin mengatakan "SELAMAT! KAMU BISA CANTENGAN JUGA!" errrr... setelah mencari asal mula, penyebab, sejarah heroik dari sebuah penyakit cantengan, akhirnya saya menyimpulkan bahwa saya cantengan sejak sma dan baru sadar pas udah kuliah. jadi awalnya dulu saya itu hobi pakai sepatu kets dan yang jadi andalan ADIDAS BIRU. entah sepatu jenis apa itu. size kaki sma kelas 1-3 adalah 40W.. suatu hari jempol kaki kanan itu bengkak, tepatnya disebelah jari telunjuk. rasanya agak nyeri sih, tapi cuekin aja lah. paling bengkak karena kebanyakan jalan atau jogging atau keinjek tempo hari. rupanya itu bukan bengkak biasa, lama kelamaan jempol itu berubah bisulan. oh what? NOOO!! saya gadis yang rajin mandi, gosok gigi dan ganti baju. kenapa harus bisulan di jempol? kejadian abnormal ini berlangsung beberapa hari. saya

Bourne Film Series

Bourne! Have you ever notice to this movie? Iya ini film yang wajib untuk ditonton di bioskop. Tidak hanya karena alur ceritanya, namun juga backsound dari film ini... Awalnya film ini adalah film trilogi yang dibintangi oleh Matt Damon. Soal alur cerita sungguh film ini bikin mikir dan menebak-nebak... SUPER RECOMMENDED!! Adapun urutan film: The Bourne Identity The Bourne Supremacy The Bourne Ultimatum The Bourne Legacy  Nah... agustus 2012 ini akan muncul lanjutan dari film The Bourne Legacy dan tentunya ada bintang baru didalamnya yaitu Jeremy Renner. Sebelumnya dia sudah pernah bermain di beberapa film dan salah satunya yaitu The Avengers (2012). This are the trailers of The Bourne Legacy (2012) Well, I am so excited to see this! Hopefully, they will release on time in Indonesia. Because on August, there are alot of great movies in cinemas. Such as Batman : The Dark Knight Rises. So what are you waiting for?